Tuesday, June 3, 2014

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan (setara dengan Haji)

Perlu dicatat bahwa bulan Ramadhan sangat dihormati oleh Allah SWT , Nabi-Nya SAW , serta umat Islam di seluruh generasi . Ini adalah bulan yang dihormati dalam agama Islam , dan dibedakan dari bulan-bulan lainnya dengan sejumlah karakteristik dan kebajikan . Di antara kebajikan ini adalah bahwa melakukan umrah di bulan Ramadhan setara dengan haji .


Pertama, Al - Bukhari ( 1782 ) dan Muslim ( 1256) meriwayatkan bahwa Ibnu Abbas berkata , Rasulullah ( damai dan berkah besertanya ) berkata kepada seorang wanita dari kalangan Ansar - Ibnu Abbas disebutkan namanya tapi aku lupa itu - " Apa yang membuat Anda dari melakukan haji dengan kami ? " Dia berkata , " Kami hanya memiliki dua ekor unta , " dan ayah dari anaknya dan anaknya pergi haji pada satu unta , dan ia meninggalkan unta lain sehingga mereka bisa membawa air di atasnya . Dia mengatakan , " Ketika Ramadhan datang , pergi untuk umrah , untuk ' Umrah di ( bulan itu ) setara dengan haji . "

Kedua , ulama berbeda pendapat tentang orang yang mencapai keutamaan yang disebutkan dalam hadits . Ada tiga pendapat :

1 . Bahwa hadits ini hanya berlaku untuk perempuan yang ditangani oleh Nabi (damai dan berkah besertanya ) . Di antara mereka yang mendukung pandangan ini adalah Sa `id ibn Jubair antara penerusnya , seperti yang diriwayatkan darinya oleh Ibnu Hajar di Fath Al - Bari ( 3/605 ) . Di antara bukti yang dikutip untuk mendukung pandangan ini adalah hadits dari Ummu Ma ` qil , yang mengatakan , " Haji adalah Haji dan Umrah adalah Umrah . Rasulullah ( damai dan berkah besertanya ) mengatakan hal ini kepada saya dan saya tidak tahu apakah itu hanya untuk saya atau untuk semua orang. " ( Abu Dawud 1989) , tetapi versi ini adalah da `if ( bahasa Arab untuk : lemah ) ; itu diklasifikasikan seperti itu oleh Al - Albani di Da `if Abu Dawud .

2 . Bahwa kebajikan ini dicapai oleh orang yang berniat untuk melakukan haji tetapi tidak dapat melakukannya , maka ia membuat untuk itu dengan melakukan umrah di bulan Ramadhan . Untuk dengan menggabungkan niat untuk menunaikan haji dengan kinerja Umrah di bulan Ramadhan , ia mencapai pahala melakukan haji lengkap dengan Nabi ( damai dan berkah besertanya ) .

Ibnu Rajab mengatakan dalam Lata'if Al - Ma ` arif ( hal. 249 ) , " Perlu dicatat bahwa orang yang tidak mampu untuk melakukan perbuatan baik dan menyesali itu dan berharap bahwa ia bisa melakukannya akan berbagi hadiah dengan orang yang melakukannya ( dan dia menyebutkan beberapa contoh dari itu) . beberapa wanita terjawab di melakukan haji dengan Nabi (damai dan rahmat atasnya ) , dan ketika ia datang mereka bertanya kepadanya tentang apa yang akan membuat untuk itu ibadah haji , dan dia berkata , "Apakah Umrah di bulan Ramadhan , untuk Umrah di bulan Ramadhan setara dengan haji atau haji bersamaku . "

Ibnu Katsir mengatakan sesuatu yang serupa di Tafsir -nya (1/ 531) .

Pandangan ini disebutkan dalam Majmu ` Al - Fatawa oleh Ibnu Taimiyyah sebagai sesuatu yang mungkin ( 26/293-294 ) .

3 . Pandangan para ulama dari empat sekolah fiqh dan lain-lain , bahwa kebajikan yang disebutkan dalam hadits ini bersifat umum dalam arti dan berlaku untuk semua orang yang melakukan umrah di bulan Ramadhan . Umrah pada waktu itu setara dengan haji bagi semua orang , bukan hanya untuk beberapa orang atau dalam keadaan tertentu .

Lihat : Radd Al - Muhtar ( 2/473 ) ; Mawahib Al - Jalil ( 29/3 ) ; Al - Majmu ` (7/ 138) ; Al - Mughni (3 /91) ; Al - Mawsu `ah Al - Fiqhiyyah (2/ 144) .

Yang paling benar dari pendapat tersebut - dan Allah tahu yang terbaik - adalah yang terakhir , dan kebajikan yang berarti secara umum dan dicapai oleh semua orang yang melakukan umrah di bulan Ramadhan . Hal ini ditunjukkan sebagai berikut :

1 . Hadits ini diriwayatkan dari sejumlah sahabat Nabi . Al - Tirmidzi mengatakan , " Mengenai topik ini ( laporan yang diriwayatkan ) dari Ibn ` Abas , Jabir , Abu Hurairah , Anas dan Wahb ibn Khanbash . Sebagian besar laporan tidak menyebutkan wanita yang mengajukan pertanyaan . "

2 . Tindakan orang sepanjang zaman , yaitu Sahabat , Tabi ` un , ulama , dan orang-orang saleh , yang selalu bersemangat untuk melakukan umrah di bulan Ramadhan sehingga mereka dapat mencapai penghargaan ini .

Adapun gagasan bahwa kebajikan hanya bisa dicapai oleh orang yang tidak mampu untuk melakukan haji tahun itu karena beberapa halangan , dapat dikatakan bahwa jika seseorang tulus dimaksudkan dan memutuskan untuk melakukan haji dan mengambil cara yang tepat , kemudian dicegah oleh sesuatu di luar kendali , maka Allah akan keputusan pahala untuk tindakan itu karena niat nya . Jadi bagaimana mungkin Nabi ( damai dan berkah besertanya ) membuat pahala bersyarat setelah melakukan beberapa tindakan tambahan , yaitu melakukan umrah di bulan Ramadhan , ketika niat tulus cukup untuk mencapai pahala ?

Ketiga , masih ada pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan kebajikan disebutkan , dan bahwa ` Umrah di bulan Ramadhan setara dengan haji . Itu dapat dijelaskan sebagai berikut :

Tidak diragukan lagi , Umrah di bulan Ramadhan tidak mengambil tempat wajib haji , yaitu orang yang melakukan umrah di bulan Ramadhan belum habis tugas untuk melakukan wajib haji demi Allah .

Yang dimaksud dengan hadits adalah bahwa mereka sama dalam hal pahala , bukan dalam hal memenuhi tugas .

Namun demikian , apa yang dimaksud dengan kesetaraan antara hadiah untuk Umrah di bulan Ramadhan dan pahala haji adalah kesetaraan dalam hal jumlah, bukan dalam hal jenis . Tidak diragukan lagi , haji lebih unggul Umrah dalam hal jenis tindakan .

Orang yang melakukan umrah di bulan Ramadhan akan mencapai hadiah sama dalam jumlah dengan Haji , tetapi tindakan haji membawa kebajikan khusus dan status yang tidak hadir dalam ` umrah , seperti du ` aa ' dalam ` Arafah , melemparkan J amarat , dan menawarkan korban. Meskipun mereka adalah sama dalam hal jumlah atau jumlah hadiah , mereka tidak sama dalam hal jenis atau alam.

Ibnu Taimiyyah menyebutkan sesuatu yang sama ketika ia berbicara tentang hadits yang statistik bahwa Surat Al - Ikhlas setara dengan sepertiga Al-Qur'an .

Ishaq bin Rahawayh berkata, "Apa hadits ini - Umrah di bulan Ramadhan setara dengan haji - berarti mirip dengan laporan diriwayatkan dari Nabi ( damai dan berkah besertanya ) di mana ia berkata," Barangsiapa mengucapkan Allahu Ahad QulHuwa telah dibacakan sepertiga Al-Qur'an ' " Sunan At- Tirmidzi (2/ 268) .

Dalam Masa'il Al - Imam Ahmad ibn Hanbal ( 1/553 ) , ada laporan dari Abu Ya'qub Al - Kusaj , " Aku bertanya , ' Siapa bilang bahwa umrah di bulan Ramadhan setara dengan haji ? Apakah itu terbukti ? ' Dia berkata , ' Ya, itu terbukti . " Ishaq berkata, " Hal ini terbukti seperti katanya . Yang dimaksud adalah bahwa ada akan disimpan baginya pahala seperti itu Haji , tapi ia tidak akan pernah menjadi seperti orang yang melakukan haji sama sekali . ' "

Ibnu Taimiyyah mengatakan dalam Majmu ` Al - Fatawa ( 26/293-294 ) :

" Hal ini juga diketahui bahwa yang dimaksud adalah bahwa Anda` Umrah di bulan Ramadhan setara dengan haji dengan saya , karena dia ingin melakukan haji dengan dia tapi tidak mampu . Jadi dia menceritakan apa yang akan mengambil tempat itu. hal yang sama diterapkan kepada orang lain di antara para sahabat yang berada di posisi yang sama seperti dirinya . Tidak ada orang bijak akan mengatakan apa yang beberapa orang bodoh berpikir bahwa umrah dari salah satu dari kami dari Miqat atau dari Makkah setara dengan haji dengan dia , karena jelas bahwa haji lengkap lebih baik daripada Umrah di bulan Ramadhan , dan bahkan jika salah satu dari kami melakukan wajib haji , tidak bisa seperti haji dengan dia , jadi bagaimana bisa Umrah menjadi seperti itu ? yang paling yang dapat dipahami dari hadits adalah bahwa umrah dari salah satu dari kami dari iqat M di bulan Ramadhan setara dengan haji . "

baca juga : umroh awal ramadhan

8 comments:

  1. mantep nih artikel, paket umroh oktobr 2019 memang membantu bgt ya, makasih infonya

    ReplyDelete
  2. oh iya buat yang lagi cari paket umroh oktobr 2019, kami meuediakannya juga nih

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Info yang bagus nih, kebetulan saya sedang mencari paket umroh oktober 2019 yang murah dan berkualitas

    ReplyDelete
  5. Info yang bagus nih, kebetulan saya sedang mencari paket umroh oktober 2019 yang murah dan berkualitas

    ReplyDelete
  6. review manfaat limefit Untuk mengatasi kekhawatiran Anda akan dampak berbahaya dari penyakit asma ini, manfaat madu licasma hadir sebagai rekomendasi terbaik untuk membantu menyembuhkan penyakit ASMA akut/kronis baik pada anak-anak ataupun pada Anda yang sudah dewasa.

    Tidak hanya itu, Kosagi merupakan minuman serbuk rasa buah nanas menyegarkan yang dibuat dari formula khusus, dapat memuaskan berhubungan badan suami isteri, membuat ereksi lebih lama dan mengatasi lemah syahwat hingga mengobati ejakulasi dini. kosagi cara minum kesagi

    ReplyDelete